4 Food Logistics Tips to Keep Food Safe and Durable

Salah satu pekerjaan paling menantang dalam industri makanan dan minuman atau F&B adalah memastikan kualitas dan stok makanan dan minuman bisa memenuhi permintaan konsumen. Yang membuat pekerjaan ini menjadi sulit adalah karena banyaknya mitra atau pihak yang terlibat mulai dari supplier bahan produksi, distributor hingga konsumen itu sendiri.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam proses pengiriman makanan seperti proses pengemasan, suhu penyimpanan, kualitas dan kesegaran, serta ketepatan waktu pengiriman. Makanan dan barang-barang tertentu harus dikirim menggunakan kendaraan yang dapat memenuhi faktor di atas. Berikut beberapa cara agar food logistic dapat berjalan lancar, seperti:

1. Menggunakan Monitoring Tools

Cara pertama agar food logistic berjalan dengan lancar adalah dengan menggunakan monitoring tools. Mengidentifikasi masalah sebelum menjadi lebih besar tentu akan mengamankan proses produksi. Pasalnya, jika masalah pada proses produksi sudah melebar, perusahaan akan membutuhkan biaya lebih besar dan usaha lebih besar untuk menyelesaikannya.

Cara untuk mengidentifikasi masalah sejak dini adalah dengan cara menggunakan monitoring tools. Pemeriksaan secara dini merupakan tindakan preventif. Kemunculan IoT (Internet of Things) dan perangkat yang mendukung IoT dapat membantu mengatasi permintaan konsumen. Beberapa bagian IoT seperti big data, machine learning, dan AI dapat membantu hingga membuat hampir semua proses food logistic berjalan secara otomatis.

Penerapan IoT dalam proses food logistic bermacam-macam mulai dari memasang sensor dalam kemasan produk, memberi pelacak pada setiap armada hingga menggunakan perangkat yang mendukung IoT untuk mengecek kondisi makanan..

2. Menggunakan Kemasan yang Steril

Salah satu cara membuat food logistic berjalan dengan lancar adalah menggunakan kemasan steril pada saat proses pengemasan makanan. Pasalnya, makanan yang tidak dilengkapi dengan kemasan steril dapat terkena kontaminas. Jika makanan sudah terkena kontaminasi zat luar, makanan seperti daging segar akan mudah busuk.

Kebersihan makanan dan sanitasi harus diprioritaskan karena sebelum melakukan pengemasan, makanan harus dalam kondisi segar dan bersih. Lebih lanjut, permukaan mesin harus dibersihkan dan didesinfeksi agar terbebas dari hama dan bakteri yang akan merusak kualitas makanan serta mencegah penyebaran penyakit lewat makanan.

3. Melakukan Pelatihan Secara Berkala

Ketika ingin menjalankan food logistic secara tepat dan efisien, perusahaan harus bisa melakukan pelatihan kepada staf agar dapat memahami konsep food logistic secara benar. Setiap staf yang terlibat dalam supply chain dan transportasi harus dilatih tentang peraturan keamanan pangan serta aturan food logistic.

Jika perusahaan Anda menggunakan pihak ketiga atau mitra, pastikan perusahaan meluangkan waktu untuk memberikan pemahaman tentang sistem food logistic yang sama dengan perusahaan, untuk menghindari pemahaman yang berbeda tentang system itu sendiri.

4. Melakukan Audit Secara Berkala

Salah satu cara penerapan food logistic yang tepat adalah dengan cara melakukan audit secara berkala. Proses ini cukup penting karena berguna untuk memastikan operasi dan proses food logistic berjalan dengan lancar. Terlebih, proses ini dapat mengecek apakah semua orang yang terlibat mengerjakan tanggung jawab dengan benar atau tidak.

Pastikan Anda tidak hanya mengecek kualitas dan kebersihan makanan saja, Anda juga harus memperhatikan sistem dan sumber daya yang terlibat dalam proses food logistic.

Nah, itulah beberapa penerapan food logistic yang bisa Anda coba. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi