Gudang merupakan tempat yang dikhususkan untuk menyimpan barang dalam jangka waktu tertentu. Fungsi gudang juga digunakan sebagai tempat untuk mendistribusikan dan mengkonsolidasi barang. Sebelum barang didistribusikan, biasanya barang yang baru diproduksi dari pabrik akan disimpan dahulu di gudang.

Terdapat dua jenis aktivitas utama dalam pergudangan yaitu penerimaan dan penyimpanan. Oleh karena itu, pemilihan gudang yang tepat sangat penting dan harus diperhatikan. Berikut ini empat hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih gudang untuk keperluan bisnis.

Lokasi

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih atau melakukan sewa gudang untuk keperluan bisnis adalah lokasinya. Memilih lokasi yang letaknya dekat dengan pelabuhan atau secara geografis berada di tempat yang dekat dengan lokasi pabrik atau toko ataupun sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Idealnya, kita harus bisa memilih lokasi untuk meminimalkan total waktu yang harus ditempuh oleh barang baik dari sumbernya maupun tujuan akhirnya. Tak hanya itu, lokasi gudang juga sebaiknya tidak jauh dari lokasi konsumen agar jalur pengiriman tidak memakan waktu dan biaya.

Aspek Pekerja

Hal lain yang tak kalah penting ketika Anda memilih sewa gudang untuk keperluan bisnis adalah aspek pekerja. Ketersediaan tenaga kerja akan memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang akan mengoperasikan Gudang, khususnya tenaga ahli yang berkompeten untuk mengelola gudang. Pemilihan lokasi gudang di kawasan industri akan memudahkan perusahaan untuk mencari tenaga kerja yang berkualitas. Tak ketinggalan, ketersediaan akses dan sarana transportasi bagi pekerja dari dan ke lokasi gudang tersebut, akan memudahkan mobilitas pekerja.

Faktor Eksternal

Faktor ini juga harus Anda pertimbangkan saat memilih atau sewa gudang untuk keperluan bisnis. Faktor eskternal seperti kebijakan Pemerintah Daerah dan juga peraturan-peraturan perindustrian yang berlaku secara regional maupun lokal juga harus Anda ketahui dan pahami.

Selain itu, pastikan untuk mengetahui perencanaan atau pemetaan pengembangan wilayah perdagangan dan industri di lokasi yang terpilih. Meski kegiatan operasional gudang sebetulnya tidak berkaitan dengan kegiatan politik, tetapi stabilitas politik akan menjamin tidak terganggunya aktifitas gudang. Dari sisi keamanan juga harus dipastikan bahwa penegakan hukum berjalan di lokasi tersebut.

Infrastruktur

Pertimbangkan pula faktor infrastruktur. Pastikan lokasi gudang dapat dilalui oleh moda transportasi yang nantinya akan dipakai untuk melakukan pengiriman barang. Lebar jalan, kekuatan beban, atau kelas jalan yang dapat dilalui, menjadi catatan yang penting saat akan memilih lokasi atau melakukan sewa gudang.

Selanjutnya, Anda harus memerhatikan kualitas dan reliabilitas infrastruktur transportasi. Lokasi gudang sebaiknya dekat dengan pelabuhan, intermodal terminal dan bandara. Ketahui juga mengenai tingkat kemacetan di lokasi tersebut, kemudian pastikan adanya sistem telekomunikasi yang dibutuhkan, misal telepon, internet dengan kecepatan akses tertentu.

Pastikan kebutuhan komunikasi ini sudah terpenuh dan lokasi gudang tersebut sudah mendapatkan pasokan energi listrik sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan bahwa lokasi gudang tersebut akan mendapatkan backup energi listrik jika sumber pasokan utama terganggu.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih gudang untuk keperluan bisnis. Alternatif terbaik adalah memilih atau sewa gedung di daerah kawasan industri karena memiliki banyak kelebihan. Selain akan mendapatkan fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik, gudang Anda akan berada di kawasan industri berlokasi strategis.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City. Lokasinya yang dekat dengan ibukota Jakarta membuat Karawang New Industry City sangat cocok untuk lokasi gudang Anda. Dilengkapi dengan infrastruktur kelas dunia, Karawang New Industry City adalah pilihan yang tepat untuk membangun pabrik manufaktur maupun berinvestasi.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi