Tren Teknologi Manufaktur di Indonesia

Manufacturing technology trend

Pada era digital, tren teknologi manufaktur terus berkembang pesat. Beberapa tren teknologi manufaktur biasanya hanya berpusat pada perangkat dan aplikasi di dalamnya serta seputar standar manufaktur. Tren manufaktur tentu dapat menggantikan praktik manufaktur tradisional yang sudah ada.

Lebih lanjut, tren yang sudah ada seperti Industrial Internet of Things (IIoT) semakin berkembang dan makin tidak bisa dihindari. Mau tidak mau tren Industrial Internet of Things (IoT) harus diaplikasikan agar tidak tertinggal dengan perusahaan lain. Selain tren-tren di atas terdapat banyak tren teknologi manufaktur yang bisa perusahaan gunakan untuk meningkatkan performa perusahaan, seperti:

Green Manufacturing

Tren teknologi manufaktur pertama yang akan dibahas adalah tren green manufacture. Tren ini merupakan tren teknologi manufaktur yang lebih fokus pada proses dan kebijakan produksi yang mengutamakan pada eksekusi yang ramah lingkungan.

Sudah ada pelaku-pelaku green manufacture yang telah melakukan penelitian, pengembangan dan memanfaatkan teknologi yang dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Tren green manufacture akan menguntungkan perusahaan Anda karena sisa bahan produksi bisa Anda gunakan atau Anda olah yang tentu akan mengurangi biaya produksi.

Selanjutnya, tren manufaktur juga akan menarik para konsumen yang memang peduli terhadap produk-produk ramah lingkungan, dengan demikian tren bisa terus dilakukan secara konsisten.

Perusahaan Memilih Solusi Marketing yang Lebih Praktis

Tren teknologi manufaktur kedua yang bisa Anda jadikan referensi adalah solusi marketing yang lebih praktis. Semakin pesatnya perkembangan teknologi semakin banyak pilihan strategi marketing yang bisa dijalankan. Namun, tidak semua strategi marketing itu efektif dengan keadaan perusahaan Anda.

Perusahaan manufaktur perlu memikirkan solusi dan strategi marketing yang efektif secara biaya dan eksekusi. Salah satu solusi yang bisa dijalankan adalah dengan membangun sosial media dan melakukan crowdfunding untuk proses pemasaran dan riset produk.

Komunikasi melalui kanal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan feedback dan insight untuk prototipe baru dari konsumen serta pakar industri.

Tren IoT

Salah satu tren teknologi yang terus berkembang pesat adalah tren IoT atau Industrial Internet of Things. Penerapan teknologi internet memang tidak dapat dihindari karena konsumen juga sudah mulai banyak yang menggunakan teknologi internet, jika perusahaan menunda menggunakan teknologi internet, perusahaan akan tertinggal dan akan kehilangan sebagian konsumen.

Alasan beberapa perusahaan menunda menggunakan internet adalah karena pengaplikasian IoT pada industri manufaktur membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan butuh training untuk dapat mengimplementasikannya dengan baik.

Jangan lupa untuk menggunakan sistem yang terintegrasi agar dapat meningkatkan visibilitas, memastikan akuntabilitas, dan dapat mengurangi risiko kesalahan sistem.

Real Time Operations

Salah satu tren teknologi manufaktur yang sedang berkembang adalah real time operations. Saat ini, perusahaan manufaktur sedang membutuhkan respon cepat karena permintaan konsumen yang terus meningkat namun, proses respon kerap memiliki masalah.

Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan sistem yang lebih baik, perusahaan dapat membuat respon dan produksi pesanan pelanggan jauh lebih cepat. Memiliki layanan respon yang cepat tentu akan menjadi nilai poin plus tersendiri.

Nah, itulah 4 tren teknologi manufaktur yang bisa Anda jadikan referensi. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur baru ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi