4 Hal yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Membeli Tanah Industri

Sebagian orang berpikir lokasi adalah hal utama jika ingin membeli tanah secara umum. Namun, jika Anda ingin membeli tanah untuk keperluan industri atau industrial land, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Berikut beberapa faktor yang Anda harus perhatikan jika ingin membeli tanah industri atau industrial land seperti:

Lokasi Terbaik Tergantung dari Jenis Industri

Salah satu aspek yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanah industri atau industrial land adalah menentukan lokasi tanah tersebut. Tanah industri berbeda dengan tanah yang diperuntukan untuk pemukiman. Biasanya jika Anda membeli tanah untuk tempat tinggal Anda akan memilih tanah yang dekat dengan pusat kota, tidak berisik dan menghindari dekat dengan pusat transportasi seperti bandara dan stasiun kereta api.

Namun, jika Anda ingin membeli tanah untuk keperluan industri, semakin dekat dengan pusat transportasi seperti jalan tol, stasiun kereta api dan bandara akan semakin menguntungkan industri itu sendiri karena dapat menghemat biaya pengiriman.

Selanjutnya, memilih lokasi tanah industri harus disesuaikan dengan tipe industri yang akan Anda investasikan atau akan Anda bangun. Ada beberapa industri yang membutuhkan fasilitas kawasan industri seperti suplai listrik dalam jumlah tertentu dan terdapat sarana pengolahan limbah pabrik.

Infrastruktur

Hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanah industri atau industrial land adalah infrastruktur dari lokasi tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, infrastruktur memegang peranan penting dalam bisnis industri. Pasalnya, beberapa industri membutuhkan fasilitas tertentu untuk dapat beroperasi.

Beberapa pabrik membutuhkan suplai listrik dengan voltase tertentu, kemudian ada juga pabrik yang membutuhkan tempat penyimpanan dalam skala besar, dan terdapat pabrik yang membutuhkan layanan pengolahan limbah pabrik.

Lebih lanjut, pastikan tanah industri yang akan Anda beli memiliki akses transportasi yang baik seperti dekat dengan jalan tol, pelabuhan dan bandara. Hal ini diperlukan untuk memotong biaya dan waktu pengiriman.

Faktor Eksternal

Aspek yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanah industri berikutnya adalah faktor eksternal. Ada beberapa faktor eksternal yang harus Anda perhatikan seperti hukum dan kebijakan pemerintah di daerah tersebut. Kebijakan pemerintah seperti peraturan perindustrian yang berlaku secara lokal maupun internasional harus Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk mengecek perencanaan/pemetaan pengembangan wilayah perdagangan dan industri di lokasi yang Anda akan pilih. Meski kegiatan operasional bisnis industri tidak berkaitan dengan kegiatan politik, tetapi stabilitas politik akan menjamin tidak terganggunya aktivitas bisnis Anda. Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan faktor keamanan di lokasi tersebut agar bisnis Anda bisa berjalan lancar tanpa ada gangguan.

Cari Waktu yang Tepat

Aspek yang tidak kalah pentingnya yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanah industri adalah mencari waktu yang tepat untuk membelinya. Tanah industri atau industrial land berbeda dengan tanah yang di tunjukan untuk area pemukiman, kemudian strategi dalam membelinya berbeda pula dengan membeli tanah yang ditujukan untuk pemukiman. Pasalnya, ketika harga tanah untuk pemukiman sedang turun belum tentu harga tanah industri juga ikut turun.

Pastikan Anda mengetahui harga pasaran tanah industri, kemudian memilih waktu yang tepat.

Nah, itulah 4 hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tanah industri atau industrial land. Jika Anda mencari tanah industri dengan lokasi strategis Anda dapat memilih Karawang New Industry City. Berlokasi strategis dan dilengkapi dengan infrastruktur kelas dunia menjadikan KNIC pilihan tepat untuk membangun pabrik manufaktur maupun berinvestasi.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi