4 Reasons Why Producers Should Be Intense in Embracing Manufacturing Mobility in Indonesia

Di era digital saat ini, semakin banyak perusahaan telepon genggam yang menawarkan smartphone dengan fitur menarik dan harga yang lebih terjangkau. Sebagian besar karyawan memiliki smartphone dan beberapa dari karyawan sudah menggunakan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas mereka. Lebih lanjut, teknologi mobile sudah mulai digunakan oleh berbagai sektor mulai dari industri kesehatan, transportasi, hiburan hingga industri manufaktur.

Dengan semakin banyaknya karyawan menggunakan smartphone dan menggunakan teknologi internet membuat banyak developer membuat aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan karyawan dan meningkatkan kinerja karyawan. Tidak terkecuali pada industri manufaktur, terdapat beberapa aplikasi mobile manufaktur atau manufacturing mobility yang akan memudahkan pekerjaan karyawan. Beberapa kelebihan manufacturing mobility yang produsen harus tahu, seperti:

1. Mudah Dibawa

Salah satu kelebihan teknologi manufacturing mobility adalah teknologi ini mudah dibawa ke berbagai tempat. Dengan menggunakan aplikasi seluler yang tepat, Anda tidak perlu datang kembali ke suatu tempat untuk menerima informasi, mengecek daftar atau memenuhi pesanan. Semua hal di atas bisa Anda selesaikan dengan menggunakan teknologi dalam genggaman. Lebih lanjut, manufacturing mobility atau mobilitas manufaktur akan memudahkan Anda untuk memperbarui pesanan.

Data mobile juga akan memudahkan pekerjaan Anda untuk melihat status pekerjaan, mengakses data pesanan pelanggan, memeriksa jadwal perawatan hingga memberi masukan tentang skema dan prosedur perusahaan. Aplikasi mobile juga akan membuat manajer lebih proaktif karena dapat melihat data di lapangan secara langsung.

2. Masalah Real-Time, Solusi Real-Time

Manfaat menggunakan mobile manufacturing adalah dapat menyelesaikan masalah dengan lebih cepat. Perusahaan biasanya memprediksi masalah dengan cara melihat tren yang ada atau masalah yang sama di tahun sebelumnya untuk dapat melihat inti masalah. Aplikasi mobile akan memberi tahu masalah secara langsung atau real time dan pembuatan solusinya pun juga bisa dilakukan secara real time. 

3. Kesehatan dan Keselamatan

Mobile manufacturing juga menawarkan kesehatan dan keselamatan yang lebih baik bagi operator yang ingin mengecek pesanan dan mengelola inventaris. Aplikasi mobile akan memberikan peringatan jika mesin yang digunakan mulai overheat atau dapat memberikan peringatan ketika karyawan sudah dalam kondisi yang tidak sehat untuk mengoperasikan mesin.

4. Pemonitoran yang Lebih Presisi

Salah satu manfaat menggunakan teknologi mobile manufacturing adalah pemonitoran yang lebih presisi. Anda akan mengetahui lokasi armada Anda pada saat proses pengiriman. Lokasi GPS secara real time akan memberitahu Anda dimana lokasi armada membuang-buang waktu dan tidak efisien dalam manajemen pengiriman. Lebih lanjut, update informasi secara langsung memungkinkan pemimpin tim untuk dapat memeriksa status pesanan kapan saja dan di mana saja.

Nah, itulah beberapa kelebihan manufacturing mobility yang harus diketahui produsen. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi