Menerapkan pabrik berkelanjutan atau jangka panjang sangat penting karena berbagai alasan. Pertama, pabrik yang berkelanjutan atau sustainable manufacturing tidak hanya baik untuk lingkungan, sustainable manufacturing juga secara signifikan dapat meningkatkan keamanan fasilitas, staf, produk dan komunitas perusahaan secara keseluruhan. Dengan menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan, perusahaan dapat tenang bahwa orang yang memproduksi dan mengonsumsinya juga akan lebih aman.

Pabrik yang berkelanjutan juga sangat efektif biaya. Dengan meningkatkan efisiensi peralatan dan proses, perusahaan dapat menurunkan konsumsi energi, mengurangi waktu produksi, mengurangi limbah, dan menggunakan lebih sedikit bahan - yang semuanya dapat memberikan penghematan biaya yang signifikan bagi perusahaan dan pelanggan. Peralatan yang lebih efisien dan otomatis juga dapat meningkatkan keselamatan pekerja, melindungi karyawan dari bahaya peralatan tradisional yang rawan gangguan fungsi.

Berlatih menjalankan pabrik yang berkelanjutan atau sustainable manufacturing mendorong pelanggan untuk terlibat dengan perusahaan dan menanamkan kepercayaan bahwa perusahaan memiliki cita-cita yang sama. Selain itu, penerapan praktik ramah lingkungan menunjukkan investasi perusahaan di area sekitarnya, menunjukkan bahwa perusahaan serius dalam melindungi komunitas tempat karyawan tinggal dan bekerja.

Ada beberapa hal yang dilakukan jika perusahaan ingin menerapkan praktik ramah lingkungan untuk mencapai predikat sebagai  pabrik yang berkelanjutan atau sustainable manufacturing. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pabrik yang berkelanjutan seperti:

Efisiensi Energi

Terdapat beberapa cara dan metode untuk menghemat energi dan menggunakannya secara hemat dan bijak. Sebagai contoh, terdapat lampu yang aktif karena sensor gerak.  Lampu-lampu pintar ini hanya aktif jika menerima sensor gerak di area pabrik, tujuan pemasangan lampu tersebut adalah untuk menghemat listrik.

Perusahaan juga bisa mengurangi penggunaan energi selama periode puncak permintaan untuk menghindari risiko pemadaman listrik dan memastikan ketersediaan listrik yang konstan untuk area dan lingkungan sekitar.

Mengurangi Limbah

Salah satu cara untuk menjadikan pabrik berkelanjutan dan ramah lingkungan atau sustainable manufacturing adalah dengan cara mengurangi limbah yang di produksi pabrik. Salah satu inisiatif yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan menghemat packaging setiap tahun. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan robot servo untuk memaksimalkan jumlah produk yang dapat dikemas dalam setiap kotak, memungkinkan melipatgandakan jumlah bagian yang dikemas.

Perusahaan juga bisa menawarkan kepada pelanggan program pengemasan yang dapat digunakan kembali untuk mengurangi jumlah karton yang digunakan. Tindakan lain yang bisa dilakukan termasuk daur ulang plastik berlebih yang digunakan dalam proses produksi.

Mendaur Ulang

Salah satu cara untuk menjadikan pabrik berkelanjutan dan ramah lingkungan atau sustainable manufacturing adalah dengan cara daur ulang. Selain mendaur ulang sisa bahan plastik dan kemasan karton, perusahaan juga bisa mendaur ulang semua limbah yang dihasilkan dalam proses produksi.

Kemudian perusahaan juga bisa bekerja sama dengan perusahaan atau komunitas pecinta lingkungan untuk mengecek apakah hasil limbah masih berbahaya atau tidak untuk lingkungan. Pabrik bisa memilih pengelolaan limbah baik untuk didaur ulang atau untuk digunakan dalam sistem pemrosesan energi canggih untuk menciptakan listrik yang kemudian digunakan untuk membangun rumah dan bisnis di masyarakat sekitarnya.

Kemudian dengan perkembangan teknologi yang makin canggih banyak cara untuk mendaur ulang limbah pabrik. Jadi pastikan memilih cara yang paling efektif untuk mendaur ulang limbah pabrik.

Itulah beberapa cara untuk menjadikan pabrik berkelanjutan dan ramah lingkungan atau sustainable manufacturing. Menjalankan pabrik ramah lingkungan dan berkelanjutan tidak hanya baik untuk lingkungan sekitar akan tetapi juga baik untuk efisiensi energi dan efisiensi biaya produksi pabrik.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi