3 Use of IoT Technology in Improving Supply Chain Process

Perkembangan era digital telah membuat hampir semua industri mau tidak mau menggunakan atau mengaplikasikan teknologi internet. Internet telah merubah semua interaksi mulai dari cara membuat pilihan, individu berinteraksi, hingga cara memproses informasi. Hampir semua industri dari industri hiburan, pangan, hingga industri manufaktur sudah menggunakan teknologi internet untuk memudahkan pekerjaan yang ada serta menjalankan Sustainable Supply Chain atau rantai pasokan yang berkelanjutan.

Ada beberapa cara untuk memacu kelancaran rantai pasokan atau menjalankan Sustainable Supply Chain menggunakan teknologi IoT (Internet of Things), seperti:

1. Teknologi IoT Mendorong Sustainable Supply Chain

Salah satu cara untuk memacu Sustainable Supply Chain atau kelancaran rantai pasokan adalah dengan menggunakan IoT. Selanjutnya, karena semakin banyak perangkat baik smartphone atau mesin yang sudah siap dengan teknologi internet dan beberapa industri sudah mulai ramah dengan ekosistem "Internet of Things".

Lebih lanjut, penggunaan teknologi IoT sangat membantu dalam pengumpulan data karena sistem yang sudah terhubung dengan internet akan lebih mudah mengumpulkan data dan mengolah data. Teknologi IoT dalam manufaktur juga dapat membantu pengelolaan sumber daya seperti bahan bakar fosil seperti bensin, air, dan ruang secara efektif.

2. Menggunakan IoT Teknologi untuk Efisiensi Bahan Bakar

Proses pengiriman barang merupakan salah satu kontributor terbesar dalam menghasilkan emisi gas rumah kaca di dunia. Teknologi IoT mempermudah pencarian jalur pengiriman yang lebih baik yang tentu akan menghemat bahan bakar.

Lebih lanjut, teknologi IoT juga akan memudahkan driver untuk melihat pada daerah mana permintaan barang yang sedang tinggi dan di daerah mana harus mengisi bahan bakar. Hal ini tentu akan menghemat penggunaan bahan bakar pada saat pengiriman. Terlebih, perusahaan juga bisa mengoperasikan pengiriman tanpa menggunakan pengemudi dan bisa diatur sesuai kebutuhan perusahaan.

Kendaraan otomatis akan memilih jalur yang lebih cepat, tidak macet, dan jarak terpendek yang tentu akan menghemat waktu dan bahan bakar saat pengiriman.

3. Teknologi IoT Membantu Mengelola Infrastruktur dan Sumber Daya Kota Lebih Efisien

Ketika berbicara tentang sustainable supply chain atau kelancaran rantai pasokan, semua aspek ikut terlibat, mulai dari medan yang dilalui hingga infrastruktur yang digunakan. Memiliki kota yang sudah dilengkapi dengan teknologi IoT tentu akan memudahkan proses rantai pasokan.

Salah satu kota yang sudah menerapkan program perencanaan tata kota dengan menggunakan teknologi internet adalah kota Barcelona, Spanyol. Kota ini mampu menurunkan jumlah energi yang digunakan untuk penerangan sebesar 30 persen dan mampu mengurangi konsumsi air sebesar 600.000 liter per tahun. Lebih lanjut, perusahaan manufaktur juga bisa memanfaatkan teknologi IoT untuk membentuk kerangka kerja logistic untuk membuat sustainable supply chain.

Nah, itulah 3 penggunaan Teknologi IoT dalam memacu kelancaran rantai pasokan atau sustainable supply chain. Jika Anda ingin membangun perusahaan manufaktur ada baiknya Anda mencarinya di kawasan industri yang memiliki fasilitas lengkap dan memiliki lokasi strategis karena dekat dengan jalur transportasi.

Salah satu kawasan industri yang memiliki lokasi strategis adalah Karawang New Industry City (KNIC). Berlokasi dekat dengan ibu kota Jakarta dan memiliki banyak akses menjadikan KNIC kawasan yang cocok untuk membangun gudang dan menyewa gudang.

Selain itu, KNIC memiliki 6 akses infrastruktur nasional seperti jalur tol Jakarta-Cikampek, jalur LRT Jabodetabek, jalur Trans Jawa, Railway Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban.

Selain itu KNIC juga didukung fasilitas seperti listrik premium, gas alam, dan koneksi internet cepat untuk mendukung kinerja perusahaan manufaktur. 


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi