3 Hal Penting yang Wajib Diketahui Dari Supply Chain

Strategi yang kerap kali dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan daya saing adalah dengan memperbaiki dan mengefektifkan sistem Supply Chain. Istilah ini merujuk kepada hulu ke hilir sebuah sistem produksi barang atau jasa perusahaan. Nah, penasaran dengan Supply Chain? Simak 3 hal penting yang wajib diketahui berikut ini!

Konsep Supply Chain

Secara umum, konsep dari rantai pasokan ini adalah semua aktivitas yang terlibat di dalam proses transformasi dan distribusi sebuah barang atau produk. Sistem ini meliputi berbagai hal, mulai dari penyiapan bahan baku, proses produksi, hingga distribusi produk ke tangan konsumen atau pelanggan.

Hasilnya, jika salah satu rangkaian Supply Chain ini mengalami kendala, maka akan berdampak pada sistem yang lainnya. Olehnya itu, dibutuhkan pengelolaan yang baik agar seluruh rantai dapat bekerja secara efektif.

Komponen Supply Chain

Adapun komponen dari rantai pasokan terdiri dari tiga hal, yakni Upstream Supply Chain, Internal Supply Chain, dan Downstream Supply Chain. Komponen pertama merupakan sebuah sistem di mana segala hal terkait bahan baku diproses.

Untuk komponen yang kedua sendiri adalah proses produksi bahan baku menjadi produk jadi telah siap dipasarkan. Terakhir, segala hal yang berkaitan dengan prosedur pengiriman produk oleh perusahaan ke konsumen.

Proses Supply Chain

Segala hal yang terlibat dalam Supply Chain mempunyai keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Prosesnya sendiri terbagi ke dalam berbagai rangkaian, yakni antara lain sebagai berikut:

1. Pelanggan

Hampir seluruh perusahaan menempatkan pelanggan sebagai mata rantai pertama dalam sistem Supply Chain. Pasalnya, pelangganlah yang mengajukan pesanan sehingga perusahaan melakukan eksekusi produk. Pelanggan kemudian membeli produk yang ditawarkan dengan menghubungi bagian pemasaran perusahaan tersebut.

2. Perencanaan

Ketika pelanggan melakukan pesanan, bagian perencanaan sebuah perusahaan akan menyiapkan perencanaan produksi untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh seorang pelanggan. Bagian perencanaan inilah yang merancang semua hal terkait proses produksi.

3. Pembelian

Apabila perencanaan telah matang, maka bagian pembelian akan menyiapkan berbagai kebutuhan terkait bahan-bahan yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, segala hal yang berhubungan dengan proses produksi juga akan dibuat berdasarkan permintaan yang ada dari bagian perencanaan.

4. Produksi dan Distribusi

Jika bahan-bahan telah disiapkan dan sesuai dengan standar serta kualitas yang diinginkan perusahaan, proses produksi pun akan dijalankan.  Setelah semua produk telah jadi dan teruji, maka akan dikirim ke gudang atau tempat penyimpanan. Proses pendistribusiannya sendiri akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

5. Penyimpanan

Meskipun termasuk ke dalam bagian terakhir dari Supply Chain sebuah produk, bagian yang satu ini tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, ruang penyimpanan atau gudang jugalah yang menjadi penentu daya tahan dan keamanan sebuah produk sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian.

Hal inilah yang menyebabkan kenapa pemilihan ruang penyimpanan harus dilakukan dengan teliti. Salah satu rekomendasi gudang terbaik di Indonesia berada di area Karawang New Industry City (KNIC). Alasannya, KNIC berada di lokasi strategis yang dekat dari 2 bandara serta dekat dengan ibu kota sehingga kawasan ini pun cocok untuk membangun bisnis perusahaan manufaktur maupun gudang.

Pasalnya, setiap perusahaan memerlukan gudang yang secara efisien dapat menyimpan produk dan dekat dengan infrastruktur yang mendukungnya dan hal-hal ini pun hanya ditemukan di KNIC. Konsep yang ditawarkan oleh KNIC pada dasarnya adalah sebuah kota industri yang terintegrasi kelas dunia sehingga kehadiran infrastruktur kelas dunia terlihat jelas di tempat ini sehingga perusahaan tidak perlu ragu lagi.


Tags: Supply Chain

Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi