Perkembangan industri di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini didukung oleh kebijakan pemerintah untuk membuka banyak kawasan atau daerah yang diperuntukan untuk kawasan industri. Ada beberapa industri yang terus berkembang mulai dari industri tekstil, industri makanan dan minuman, industri bahan bangunan hingga industri otomotif.

Saat ini sudah mulai banyak pabrik otomotif yang berasal dari luar negeri mulai membuka pabrik sendiri di Indonesia khususnya di daerah Karawang. Pasalnya, permintaan konsumen indonesia tentang keperluan otomotif terus meningkat setiap tahunnya. Beberapa pabrik otomotif yang mulai membuka pabrik di Indonesia, seperti:

Daihatsu

Perusahaan otomotif yang membuka pabrik di area Karawang adalah perusahaan Daihatsu. Perusahaan otomotif berasal dari negara Jepang. Pembukaan pabrik ini memakan biaya kurang lebih Rp 2,1 triliun.  Pabrik Daihatsu di Karawang mampu memproduksi mobil Daihatsu sebanyak 120.000 mobil per tahun.

Hal ini bisa terjadi karena pabrik ini dibangun seluas 7 hektar di atas lahan 94 hektar. Selanjutnya, pabrik karawang ini memiliki semua proses produksi kendaraan roda empat mulai dari Stamping, Welding, Assembling dan Painting dengan menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact) pada fasilitas produksinya. Pabrik ini juga dilengkapi dengan mesin press kecepatan tinggi. Pabrik di Karawang mampu menampung 1700 tenaga kerja baru.

Yamaha Motors

Perusahaan otomotif kedua yang membuka pabrik karawang adalah Yamaha Motors. Yamaha Motors ada perusahaan otomotif yang berasal dari negara Jepang. Pabrik Yamaha di Karawang diklaim merupakan pabrik Yamaha terbesar di dunia. Pabrik ini mampu memproduksi hingga 2 juta unit motor dalam satu tahun.

Tidak heran, karena pabrik ini memiliki luas 35,6 hektare dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 5.557 orang. Pabrik ini telah memproduksi 5 model motor Yamaha, seperti New Jupiter Z1, Vega ZR, Mio J, Fino, dan Mio Soul GT.

Toyota

Perusahaan otomotif yang membuka pabrik Karawang berikutnya adalah perusahaan Otomotif Toyota. Siapa yang tidak tahu perusahaan otomotif asal Jepang ini? Perusahaan otomotif Toyota memproduksi berbagai jenis mobil mulai dari mobil Minivan, Hatchback, SUV (Sport Utility Vehicle), MPV (Multi-Purpose Vehicle) hingga mobil sedan.

Pabrik Toyota di Karawang memiliki nilai investasi hingga Rp 2,3 triliun. Pada pembangunan tahap pertama pabrik Karawang yang satu ini mampu menampung 600 karyawan. Pabrik ini dilengkapi beberapa proses produksi seperti proses Press (pengepresan), welding (pengelasan), paint shop (pengecatan), manufaktur mesin dan assembly shop (proses perakitan).

Tidak hanya itu saja, Toyota berjanji akan banyak menggunakan komponen yang memiliki bahan dasar nasional. Toyota mengklaim akan menggunakan 80 persen komponen lokal asal Indonesia.

Nah, itulah 3 pabrik otomotif luar negeri yang melakukan ekspansi ke Indonesia. Membuka pabrik otomotif memerlukan fasilitas yang cukup agar perusahaan manufaktur dapat bekerja dengan baik. Salah satu kawasan industri Jawa Barat yang memiliki fasilitas kelas dunia adalah Karawang New Industry City.

Karawang New Industry City atau KNIC memiliki fasilitas kelas dunia mulai dari listrik premium yang diberikan dan dijamin oleh PLN, akses internet cepat, pengolahan air bersih, pengolahan limbah, training center untuk SDM, tempat pelayanan bisnis terpadu hingga tempat pelayanan pengiriman terpadu.

Tidak hanya itu, KNIC berlokasi strategis dekat dengan ibu kota Jakarta serta memiliki 6 akses infrastruktur mulai dari LRT Jabodetabek, jalan tol Trans Jawa, tol Jakarta-Cikampek, kereta cepat Jakarta-Bandung, bandara internasional Kertajati, dan pelabuhan Patimban membuat KNIC lokasi yang cocok untuk membangun gudang Industri.

Lebih lanjut, Karawang New Industry City menawarkan jual tanah lahan pabrik bagi Anda yang ingin membangun pabrik otomotif di kawasan industri. Selain menawarkan jual tanah lahan pabrik, KNIC juga menawarkan tempat untuk sewa gudang.


Related Post

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Ganjil Genap dan One Way Mudik Lebaran 2022

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Indonesia Menjadi Basis Produksi Baterai dan Kendaraan Listrik Dunia

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi

Teknologi Jadi Kunci Optimalkan Industri Manufaktur di Tengah Pandemi